Tidak terasa hampir
3 bulan sudah saya tidak menulis blog lagi, karena kesibukan kerja. Kerja di
luar negeri khususnya bekerja di kapal pesiar memang berat. 12 jam kerja dalam
sehari, dan tidur cuman beberapa jam saja. Ada pepatah orang-orang luar negeri
mengatakan 'Time is Money' memang benar-benar
diterapkan disini. Tiada hari tanpa kerja, sisanya kebanyakan untuk
istirahat atau tidur dan tidak ada waktu untuk bersantai. Namun saya sempatkan
menulis walaupun waktu istirahat jadinya terbuang, tapi tidak apa-apa yang
penting hoby menulis tersalurkan dan bisa berbagi dengan pembaca sekalian.
Tanggal 24 Maret
2012, saya kembali bekerja di MSC Cruise tepatnya di kapal pesiar MSC Fantasia
setelah setahun lebih tinggal di negara sendiri dan sempat bekerja di sebuah
Hotel di Bali. Tapi memang pertama kalinya saya sudah bergabung dengan MSC
Cruise pada bulan Februari tahun 2005, yaitu di Kapal MSC Sinfonia, kemudian
Monterey, Lirica, Armonia, kembali ke Lirica, dan yang sekarang ini di MSC
Fantasia. MSC Fantasia merupakan salah satu kapal pesiar MSC yang terbesar dan
termewah, dan menampung lebih dari 4000 pasengger.
MSC merupakan sebuah perusahaan besar yang
bergerak dibidang kargo sampai keseluruh
penjuru dunia dan kemudian berkecimpung didunia wisata kapal pesiar, sekarang
ini sudah memiliki puluhan Kapal Pesiar mewah. Berlayar di berbagai perairan
benua meliputi Eropa, Benua Amerika, Amerika Selatan, Afrika, dan mungkin nanti
mencapai Asia khususnya di perairan Indonesia.
Dengan gajih yang
cukup besar untuk ukuran kita, banyak orang-orang Asia khususnya dari negara
Filipina, India, Myanmar, dan Indonesia bekerja di Kapal Pesiar MSC. Namun bagi
perusahaan, gajih orang-orang Asia jika dibandingkan dengan standar gajih orang
Eropa termasuk kecil. Mungkin sepertiga
dari gajih mereka bila dilihat dalam posisi atau jabatan yang sama. Sehingga banyak teman-teman dari
Indonesia yang sudah sukses setelah beberapa kali dikontrak oleh MSC.
Pada umumnya bekerja
di kapal pesiar kita terikat kontrak, khususnya di MSC kita dikontrak selama 9
bulan. Dan biaya perjalanan ditanggung sepenuhnya oleh pihak perusahaan kecuali
kalau kita memutuskan kontrak secara sepihak dengan alasan yang tidak jelas
maka kita diwajibkan membayar biaya perjalanan pulang sendiri yang jumlahnya
lebih dari 1000 US dolar. Tergantung dari negara mana kita di disembark atau
dipulangkan.
Cukup sekian dahulu,
lain kesempatan saya akan berbagi tentang hal-hal yang berhubungan dengan
bekerja dikapal pesiar. Khususnya MSC.
wiih, keren bli :D
BalasHapusBanyak teman-teman dari Bali juga disini..
HapusTerimakasih sudah berkunjung..
wah.. sepertinya pengalaman kerja di kapal pesiar mungkin menarik nih,ditunggu sharingnya yaa.. :)
BalasHapusCuma waktu dan koneksi internet yang jadi masalahnya... kebanyakan waktu habis untuk bekerja.
HapusTerimakasih sudah berkunjung..
minta alamat email dunk bli..
BalasHapusdari dulu cita2 saya emang pengen jadi chef di cruiser gt..
terima kasih banyak bli udah sharing pengalamannya,
BalasHapussemoga lancar pekerjaannya.
Terimakasih sudah berkunjung.
HapusBli.. Ada lowongan baker gk di kapal?? Pengen bngt kerja di kapal, cuma punyq pengalaman di bakery 5 tahun, tp tdak puny pendidikan diploma
BalasHapusAda, sudah banyak teman teman dari Bali jadi Baker disana.
Hapus