Jumat, 13 Januari 2012

Cara Sehat Mengkonsumsi Mie Instant

Siapa yang tidak mengenal mie instant? Hampir setiap orang pernah mengkonsumsinya baik itu oleh anak-anak, orang dewasa, sampai orang tua. Mie instant banyak tersedia dan diproduksi oleh berbagai produsen di Indonesia. Dan gampang dijumpai dan dijual di warung-warung kecil sampai supermarket, dari desa sampai  kota. 
Mie Instant
Lalu kenapa mie instant itu banyak digemari dan dikonsumsi? Menurut saya ada beberapa hal yang menyebabkan hal demikian :
  1. Harganya yang murah menyebabkan banyak yang mengkonsumsi mie instant. Terutama dari kalangan rakyat kecil, pelajar, anak kost dsbnya dengan alasan untuk menekan biaya hidup.
  2. Karena alasan kesibukan, banyak orang yang mengkonsumsi  mie instant. Mereka tidak punya waktu untuk memasak baik itu untuk keluarga maupun dirinya sendiri. Tidak lebih dari 5 menit mie instant yang dimasak pun jadi dan siap dikonsumsi.
  3. Rasanya yang cukup enak, karena biasanya bumbu mie instant mengandung banyak penyedap rasa atau MSG. Hal ini dapat menyebabkan ketagihan bagi anak-anak.


Setelah membaca dari berbagai sumber, berikut bahaya mengkonsumsi mie instant :
  • Bumbu penyedap yang terdapat dalam kemasan mie instant banyak mengandung MSG dan bila dikonsumsi secara berlebihan dapat memberi efek buruk pada kesehatan seperti rasa mual, sakit perut, panas dalam dan sakit tenggorokan.
  • Mie instant yang mengandung bahan pengawet seperti wax/lilin dan paraben mempunyai efek yang fatal bagi tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan, dan mengendap dalam perut sehingga dapat menyebabkan kanker dalam waktu jangka panjang. Salah satu contohnya adalah yang pernah dikisahkan dalam tabloid Nova pada bulan Agustus 2009 dimana seorang bocah umur 6 tahun ususnya membusuk dan perlu dipotong karena setiap hari makan mie instant.

Untuk itu ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengurangi bahaya mie instant, yaitu:
  • Masaklah mie instant dengan air yang banyak, kemudian air rebusannya di buang agar zat pengawetnya juga terbuang. Lalu gunakan air yang baru untuk kuahnya.
  • Gunakan cukup setengah dari bumbu penyedapnya, atau jangan digunakan sama sekali dan cukup diganti dengan garam saja untuk mengurangi kandungan MSGnya.
  • Usahakan jangan mengkonsumsi mie instan tiap hari. Karena tubuh kita perlu waktu untuk menguraikan zat yang berbahaya. Dan minumlah air yang banyak.
  • Mie mempunya nilai gizi yang rendah, untuk itu tambahkan sayuran, daging atau ikan bila memasak mie instan (seperti contoh gambar diatas).
  • Jangan lagi mengkonsumsi mie instant, lebih baik memasak makanan sendiri walaupun lebih menyita waktu.

Demikianlah dampak negatif mengkonsumsi mie instant dan cara mengurangi bahayanya, mulailah melakukan pola hidup yang sehat. Perbanyak makan buah dan sayuran, hindari makanan yang instant. Dan luangkan waktu untuk memasak sendiri dirumah.
Semoga tulisan ini bermanfaat...

28 komentar:

  1. artikelnya bermanfaat. thanks

    BalasHapus
  2. klo begitu drpd mie kuah mending mie goreng yaa???

    salam blogwalking Cara Menjadikan Gadget Anti Air

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saja tergantung kesukaan kita masing-masing. Yang penting airnya diganti untuk mie kuah.

      Hapus
  3. makasi atas info nya,,
    bermanfaat banget.

    BalasHapus
  4. Sejauh mana keamanan mie goreng yang juga instan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya,untuk mie goreng instant sama saja dengan mie kuah. Perlu diperlakukan sama seperti di atas untuk meminimalkan pengaruh buruknya.
      Terimakasih sudah berkunjung.

      Hapus
  5. Ganti kuahnya ya...oke sip! Thanks :)

    BalasHapus
  6. Yup... terimakasih sudah berkunjung..

    BalasHapus
  7. Kalo mie hijau nyang baru itu sehat gk ea?
    Kata iklannya c sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya belum tahu tentang iklan mie hijau yang anda sebut itu..

      Hapus
  8. suami sya sngat hoby skali dgn mie instan, dan dy g mau buang air rebusannya, katanya kalo di buang jdi mengurangi cita rasa, dan sya biasanya mengalah, tpi stlah bca artikel ini sya jdi mantap untk memaksa suami membuang air rebusan mie.., trmksh untk info'a...

    BalasHapus
  9. menurut hemat saya, JAUH LEBIH SEHAT MENGKONSUMSI MAKANAN ORGANIK DAN TIDAK MENGGUNAKAN MSG, CUKUP GUNAKAN REMPAH-REMPAH SEBAGAI PENYEDAP MASAKAN/DIMASAK SECARA TRADISIONAL.

    BalasHapus
  10. kebetulan saya sendiri hoby banget menggomsumsi mie instan :)

    BalasHapus
  11. bener" itu mas,mie instan mmng gak ada bagusnya
    oia kalau ada wktu mmpir disini ya >>http://how-yourblog.blogspot.com/

    BalasHapus
  12. BAHAYA BUMBU MIE INSTAN

    Bagi penyuka MIE Instan.
    Tolong diperhatikan :
    HATI-HATI, Bumbu Mie Instan TIDAK BOLEH DIMASAK !!! PERINGATAN BAGI KITA SEMUA BAHWA MIE INSTANT TIDAK BOLEH DIMASAK BERSAMAAN DENGAN BUMBUNYA, KARENA MSG (MONO SODIUM GLUTAMAT) BILA DIMASAK DI ATAS 120C AKAN BERPOTENSI MENJADI KARSINOGEN, PENCETUS KANKER. PERHATIKAN SEMUA KEMASAN MIE INSTAN, KEBANYAKAN PROSEDURNYA MASAK MIE DULU BARU DITABURI BUMBU. BUMBU DI TARUH DI MANGKOK DULU. JADI JANGAN PERNAH MASAK MIE BESERTA BUMBUNYA! BAHAYA !!! Tolong dapat diteruskan ke orang2 yang suka makan MIE. Dan dari hasil penelitian : Mengkonsumsi mie instant 4 hari berturut-turut berpotensi kanker, mioma, kista atau amandel sebesar 75%. Jika anda tidak percaya, cobalah ambil kuah / bumbu mie instant lalu taburkan ke atas pot yang berisi Bunga/ tumbuhan..
    Beberapa hari kmdian tumbuhan trsb akan layu/ mati.
    Berlaku dalam ukuran (1 : 1).
    Sayangi keluarga anda...jauhi dr penyakit. Masih banyak zat kimia yang tidak sengaja masuk di dalam tbh lwt mknn spt: nasi non organik,bakso,t ahu & tempe kedelai non organik,ayam potong dll Untuk mengeluarkan semua racun tsbt minumlah minyak ikan salmon alaska, plak dialiran darah hilang dan anda akan sehat kembali, buktikan sendiri yaa...
    Penting bagi wanita !!
    Tidak disarankan makan bayam & tahu bersamaan, karna jika digabungkan akan membentuk senyawa yg bisa mengakibatkan terbentuknya batu / kista dalam tubuh. (Hasil penelitian Prof. Dr. Asbudi,SPOG)
    Jangan makan timun saat haid karna bisa menyebabkan darah haid tersisa di dinding rahim, setelah 5-10 hari dpt sebabkan KISTA & KANKER RAHIM. Alangkah baiknya bila info ini disebarkan ke banyak wanita sebagai tanda kepedulian kita terhadap sesama. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

    sumber:ID
    copas dari tetangga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih... jadi bisa info ke temen temen :D

      Hapus
  13. terima kasih atas atas tipsnya sobattt!!!

    BalasHapus
  14. Kartu Kredit Bukopin adalah Kartu Kredit dengan berbagai Program Menarik & Variatif untuk kebutuhan Anda beserta Keluarga yang tidak membedakan Tingkat Bunga Transaksi Belanja maupun Penarikan Uang Tunai.

    Untuk keperluan belanja atau kebutuhan tunai, Anda dapat mengandalkan Kartu Kredit Bukopin VISA dan MASTERCARD, Kartu ini memberikan banyak kemudahan dan sekaligus keuntungan bagi Anda.

    Tingkat Bunga yang tidak membedakan transaksi belanja maupun tarik tunai Kartu Kredit Bukopin VISA dan MASTER memberikan suku bunga yang ringan dan kompetitif.
    eward program
    Setiap transaksi belanja dengan Kartu Kredit Bukopin akan mendapat poin reward yang bisa di tukar dengan hadiah menarik.

    Executive Lounge
    Bagi pemegang Kartu Kredit Bukopin Platinum, tersedia fasilitas Airport Lounge untuk menunggu penerbangan di bandara yang bekerjasama, sehingga menjadikan perjalanan Anda lebih nyaman dan menyenangkan.

    Pembayaran Melalui E-Banking & ATM Bersama.
    Pembayaran tagihan Kartu Kredit Bukopin dapat dilakukan melalui Internet Banking, seluruh ATM Bukopin, ATM CIMB Niaga, ATM BNI, ATM BII, ATM BTN dan semua ATM Bank lain yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama di seluruh Indonesia.

    Penarikan Tunai Via ATM.
    Nikmati bunga tarik tunai yang sama besarnya dengan bunga belanja. Biaya tarik tunai terendah hanya 2% atau minimal Rp.50 ribu (mana yang lebih besar).

    Bukopin One Payment.
    Fasilitas pembayaran rutin bulanan (berlaku untuk semua kartu) untuk Telkom, Speedy, PLN, Indovision, Palyja dan Aetra serta tagihan handphone pasca bayar (Tagihan pasca bayar dari operator : Telkomsel, XL, 3, Axis, Mobile-8, Esia), Top Up Pulsa (operator : Telkomsel, XL, Indosat, 3, Axis, Mobile-8 dan Esia).

    Purchase Protection Insurance.
    Secara otomatis seluruh barang yang dibeli dengan Kartu Kredit Bukopin Platinum dilindungi dari kerusakan atau kecurian dengan nilai perlindungan maksimal sebesar Rp.30 juta per barang. Perlindungan diberikan 30 hari sejak tanggal pembelian di wilayah Indonesia atau 40 hari untuk pembelian di luar negeri.

    Travel Accident Insurance.
    Pembelian tiket penerbangan dengan Kartu Kredit Bukopin, secara otomatis mendapatkan perlindungan asuransi kecelakaan, khusus untuk Kartu Kredit Bukopin Platinum perlindungan hingga Rp.4 miliar. Perlindungan diberikan sejak perjalanan ke bandara, selama di bandara, selama di pesawat dan turun dari pesawat hingga sampai di tempat tujuan.

    Travel Inconvenience Insurance.
    Sebagai pemegang Kartu Kredit Bukopin Platinum secara otomatis Anda mendapatkan perlindungan atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh keterlambatan penerbangan, kehilangan bagasi, keterlambatan bagasi.

    Cicilan 0%
    Manfaatkan fasilitas Cicilan Tanpa Bunga dari merchant-merchant pilihan Bank Bukopin.

    Call Center 24 Jam.
    Untuk informasi atau anda memerlukan bantuan segera, tersedia Layanan Call Center 24 Jam untuk Anda. Hubungi Halo Bukopin 14005, officer kami siap melayani Anda 24 Jam sehari, 7 hari seminggu.

    UNTUK PENGAJUAN AREA JATENG HUB CHAIRUL VIA SMS / TELP 085229348635.
    ALAMAT KANTOR JL BULUSTALAN 4 NO 418 SEMARANG.

    BalasHapus
  15. Sangat berterima kasih,, belom ada setaun ini ponakanku meninggal karna leukimia ... Kebiasaan na sehari adalah makan mi, sosis, nuget, n ngegame (tanpa aktivitas mengimbangi pola hidup na). Setengah taun dia sakit n bolak balik masuk RS,, sampe yg terakhir dokter mengatakan kanker na sudah menyebar ke otak n organ2 vital lain na. Dan penemuan tanpa sengaja oleh ibu saya barusan klo dia menemukan tumpahan mi instan yg sdh sehari semalam terendam air namun masih utuh tidak hancur. Thanks for sharing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya turut prihatin...
      Terimakasih sudah berkunjung.

      Hapus
  16. makan mie aceh aja yg banyak rempah2. LEBIH SEHAT DAN MUAKNYUSS !!
    Tapi tak sehat utk dompet anda bila sering di makan.
    Sekian dan terima mie aceh.
    * aslam *

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru dengar ada mie Aceh,
      Terimakasih sudah berkunjung..

      Hapus