Rabu, 18 Januari 2012

Kapal 'Titanic' Costa Concordia

Kapal pesiar Costa Concordia merupakan salah satu kapal pesiar mewah yang berbendera Italy dan banyak yang menyebutnya sebagai 'Titanic'nya Italy. Berlayar disekitar laut Mediterrania yang meliputi daerah Savona, Civitavecchia, Barcelona, Malaga,Tenerife, Funchal, Cassablanca. Memiliki kabin penumpang sebanyak 1500 dan memuat lebih dari 3700 penumpang serta 1100 crew. Terdapat fasilitas 5 restaurant, 13 bar, kolam renang, spa, kasino, diskotik, dan fasilitas mewah lainnya.
Foto yang saya ambil pada tahun 2006

Lokasi: Livorno, Italy.
Foto yang saya ambil dari samping.
Kapal Costa Concordia diluncurkan sekitar pertengahan tahun 2006. Dari luarnya saja kita sudah bisa lihat kemewahannya sehingga tidak salah banyak orang menyebutnya sebagai 'Titanic' nya Italy. Namun nasibnya hampir mirip dengan kapal Titanic yang kandas setelah menabrak karang. Akibat kecerobohan sang kapten kapal Costa Concordia yang berlayar terlalu kepinggir pantai.

Sumber: Reuters
Sumber : Reuters
Kejadiannya pada tanggal 13 Januari 2012 malam di wilayah Pulau Giglio, Italy. Disaat aktivitas dalam kapal sedang sibuk-sibuknya, yaitu pada saat Dinner atau makan malam. Dimana semua penumpang berada di restaurant sedang makan malam, dan juga para crew kitchen dan waiter yang sibuk melayani mereka.
Sumber : Reuters
Costa Concordia yang kecelakaan tersebut memuat 170 crew dari Indonesia, namun semuanya dipastikan selamat. Setiap crew ship memang telah mendapatkan latihan seputar hal-hal yang mungkin terjadi selama berlayar contohnya man overboard (ada yang tenggelam), fire onboard (kebakaran), kapal tenggelam atau abandon ship (perintah meninggalkan kapal). Hampir tiap minggu diadakan Board drill agar setiap crew bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, mereka sudah memiliki tugas masing-masing dan tahu apa yang harus dilakukan pada saat kapal tengelam contohnya.
Karena hal tersebutlah korban yang tewas dapat diminimalkan. Dan kabar terakhir pada saat tulisan ini dibuat menyatakan 11 orang tewas, dan  29 lainnya masih hilang.

3 komentar:

  1. Hem kapal concordia??
    ada hubungannya dengan hotel peninggalan belanda dimalang yang bernama Hotel concordia kah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata Concordia berarti 'dipersatukan'. Kalau ada Hotel Concordia di Malang saya kurang tahu apakah ada hubungannya atau tidak.
      Terimakasih sudah berkunjung...

      Hapus
  2. Wow manteps, boleh juga kl dibikin film titanic 2 tuh, thx...

    BalasHapus