Sabtu, 23 Juni 2012

Kerja di Kapal Pesiar


Tidak terasa hampir 3 bulan sudah saya tidak menulis blog lagi, karena kesibukan kerja. Kerja di luar negeri khususnya bekerja di kapal pesiar memang berat. 12 jam kerja dalam sehari, dan tidur cuman beberapa jam saja. Ada pepatah orang-orang luar negeri mengatakan 'Time is Money' memang benar-benar  diterapkan disini. Tiada hari tanpa kerja, sisanya kebanyakan untuk istirahat atau tidur dan tidak ada waktu untuk bersantai. Namun saya sempatkan menulis walaupun waktu istirahat jadinya terbuang, tapi tidak apa-apa yang penting hoby menulis tersalurkan dan bisa berbagi dengan pembaca sekalian.



Tanggal 24 Maret 2012, saya kembali bekerja di MSC Cruise tepatnya di kapal pesiar MSC Fantasia setelah setahun lebih tinggal di negara sendiri dan sempat bekerja di sebuah Hotel di Bali. Tapi memang pertama kalinya saya sudah bergabung dengan MSC Cruise pada bulan Februari tahun 2005, yaitu di Kapal MSC Sinfonia, kemudian Monterey, Lirica, Armonia, kembali ke Lirica, dan yang sekarang ini di MSC Fantasia. MSC Fantasia merupakan salah satu kapal pesiar MSC yang terbesar dan termewah, dan menampung lebih dari 4000 pasengger.


MSC  merupakan sebuah perusahaan besar yang bergerak dibidang kargo sampai  keseluruh penjuru dunia dan kemudian berkecimpung didunia wisata kapal pesiar, sekarang ini sudah memiliki puluhan Kapal Pesiar mewah. Berlayar di berbagai perairan benua meliputi Eropa, Benua Amerika, Amerika Selatan, Afrika, dan mungkin nanti mencapai Asia khususnya di perairan Indonesia.

Dengan gajih yang cukup besar untuk ukuran kita, banyak orang-orang Asia khususnya dari negara Filipina, India, Myanmar, dan Indonesia bekerja di Kapal Pesiar MSC. Namun bagi perusahaan, gajih orang-orang Asia jika dibandingkan dengan standar gajih orang Eropa termasuk kecil. Mungkin sepertiga  dari gajih mereka bila dilihat dalam posisi atau jabatan  yang sama. Sehingga banyak teman-teman dari Indonesia yang sudah sukses setelah beberapa kali dikontrak oleh MSC.       

Pada umumnya bekerja di kapal pesiar kita terikat kontrak, khususnya di MSC kita dikontrak selama 9 bulan. Dan biaya perjalanan ditanggung sepenuhnya oleh pihak perusahaan kecuali kalau kita memutuskan kontrak secara sepihak dengan alasan yang tidak jelas maka kita diwajibkan membayar biaya perjalanan pulang sendiri yang jumlahnya lebih dari 1000 US dolar. Tergantung dari negara mana kita di disembark atau dipulangkan.

Cukup sekian dahulu, lain kesempatan saya akan berbagi tentang hal-hal yang berhubungan dengan bekerja dikapal pesiar. Khususnya MSC. 

5 komentar:

  1. Balasan
    1. Banyak teman-teman dari Bali juga disini..
      Terimakasih sudah berkunjung..

      Hapus
  2. wah.. sepertinya pengalaman kerja di kapal pesiar mungkin menarik nih,ditunggu sharingnya yaa.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma waktu dan koneksi internet yang jadi masalahnya... kebanyakan waktu habis untuk bekerja.
      Terimakasih sudah berkunjung..

      Hapus
  3. minta alamat email dunk bli..
    dari dulu cita2 saya emang pengen jadi chef di cruiser gt..

    BalasHapus