Selasa, 26 Agustus 2014

Manfaat Teh Untuk Kesehatan

Teh adalah salah satu jenis minuman yang mengandung kafein alami dan sebagai antioksidan bagai tubuh. Mengandung protein, karbohidrat, dan kadar lemak yg sangat rendah sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Secangkir Teh

Tanaman teh berasal dari negara Cina, dan dari sanalah minuman teh berasal dan diciptakan untuk pertama kalinya.
Dan sejak ribuan tahun yang lalu, teh di Cina digunakaan sebagai obat-obatan, ditambahakan ke berbagai masakan seperti Soup, dan sebagainya.
Dan kemudian teh juga berkembang dan menyebar ke negara lainnya, seperti Jepang, negara-negara Eropa, Amerika, dan tentu saja ke Indonesia.



Minuman teh dapat dibuat dari bagian tanaman teh itu sendiri seperti : pucuk, daun, atau bagian tangkainya yang sudah dikeringkan, kemudian diseduh dengan air panas.
Teh itu sendiri dapat dikelompokkan lagi sesuai tingkat okdidasi atau lama tidaknya proses pembuatannya, seperti : Teh Putih, Teh Hijau, Oolong, Teh Hitam atau Merah.

Dan berikut beberapa manfaat minuman teh  bagi kesehatan.

  •  Menjaga kesehatan jantung.  Sebuah penelitian menunjukkan bahwa setiap orang yang minum teh setidaknya 2 kali sehari, menurunkan kemungkinan mengalami serangan jantung. Karena teh banyak mengandung anti oksidan, vitamin C dan E.
  • Mengurangi resiko Tumor atau Kanker. Teh banyak mengandung Polifenol, yaitu senyawa yang dapat berfungsi sebagai antioksidan, melindungi tubuh dari radikal bebas. Sehingga dapat menekan berkembangnya sel-sel kanker dalam tubuh.
  • Memperkuat Gigi. Kandungan Flour dalam teh sangat bermanfaat dalam perkembangan gigi pada anak-anak. Disamping itu juga dapat meningkatkan ketahanan gigi terhadap keasaman dalam mulut untuk mencegah terjadinya gigi keropos atau karies gigi pada anak-anak maupun orang dewasa.
  • Menjaga kesehatan pencernaan. Penelitian menunjukkan teh mengandung senyawa yang dapat membantu memperlancar buang air besar dan mencegah wasir.
Demikian beberapa manfaat  minum teh jika dikonsumsi secara teratur. 
Semoga bermanfaat.


4 komentar:

  1. ane termasuk penggemar teh gan... nice post ya....

    BalasHapus
  2. paling enak minum teh tu kalo pas ujan gan, jadi anget

    BalasHapus
  3. artikel menarik gan, ternyata teh itu banyak sekali khasiatnya ya

    BalasHapus
  4. Terimakasih sudah berkunjung.

    BalasHapus