Minggu, 25 September 2011

Tips Mengolah Daging Salmon

Salmon merupakan jenis ikan yang dapat hidup di dua perairan yang berbeda yaitu di laut dan sungai. Mereka menetas di sungai atau danau, kemudian bermigrasi dan hidup di laut namun kemudian bermigrasi lagi ke sungai untuk bertelur dan berkembang biak. Dagingnya berwarna orange sangat kaya akan omega 3. Para pakar mengatakan bahwa omega 3 sangat baik untuk kesehatan kita karena mampu menurunkan kolesterol dalam darah dan menjaga kesehatan jantung.
Di indonesia memang harga daging salmon termasuk mahal karena diimpor dari luar negeri. Namun manfaatnya jangan diragukan lagi.
http://squeakygourmet.com

Daging salmon dapat diolah menjadi makanan yang sehat dan lezat, namun harus diperhatikan cara memasaknya agar kandungan protein dan omega 3 yang terkandung didalamnya tidak hilang. Menurut saya, daging salmon cukup di grill atau dipanggang diatas panas api merupakan cara yang paling sederhana, atau bisa juga direbus dan dikukus. Namun orang-orang eropa suka mengkonsumsi daging salmon yang di smoke (diasapi), tapi diperlukan keahlian khusus untuk membuatnya. Atau di makan mentah seperti sashimi juga boleh.



Tips mengolah daging salmon:

  • Direbus, pastikan dimulai dari air yang sudah mendidih dan sudah ditambahkan sedikit garam.
  • Dikukus, dagingnya dibumbui dengan jeruk nipis, garam dan merica terlebih dahulu. Baru dikukus setelah airnya benar-benar mendidih untuk memperpendek waktu memasaknya.
  • Untuk yang dimakan mentah, pastikan yang digunakan adalah daging salmon yang benar-benar segar agar terbebas dari bakteri.
Resep cara mengolah salmon :
Bahan-bahan :
  • 500 gr daging Salmon fillet.
  • 1 sdm air jeruk nipis.
  • 1/2 sdt garam.
  • 1/2 sdt merica.

Cara memasak :
  • Bumbui daging salmon dengan jeruk nipis, garam dan merica. Diamkan selama beberapa menit sampai bumbunya meresap.
  • Daging salmon sudah siap di grill atau dipanggang.
  • Hidangkan dengan sambal kesukaan kita, seperti sambal matah, sambal tomat atau yang lainnya.

Grill Salmon untuk Buffet

Disamping itu salmon juga cocok dipakai untuk hidangan buffet atau prasmanan seperti  foto diatas, dengan sedikit sentuhan kreasi dan dekorasi  akan menjadi suatu makanan  yang spesial bagi para tamu.

4 komentar:

  1. Broer Gede Widiawan...mau tanya donk :

    Sy kan punya baby 1 thn, selama ini istri sy sering mengkonsumsikan dia dengan ikan salmon. Tp menu yg dibuat istri sy, hanya sebatas Salmonnya di campur dibubur.

    Tolong donk bagi - bagi RESEP yg standart aj buat istri sy, biar anak sy mengkonsumsi ikan salmonnya lebih baik lagi.

    Thanks.... Marchel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk bayi, mungkin bisa dicoba dengan membuat Salmon Dumpling. Caranya cuci dan bersihkan daging salmon, pastikan tulang-tulangnya dibuang semua. Kemudian dicincang sampai halus (bisa dengan mesin atau pisau cincang), tambahkan sedikit garam kemudian dibentuk dumpling (atau bisa debentuk bulat seperti bakso) dengan sendok makan. Lalu direbus dengan air yang sudah didihkan dan ditambahkan sedikit garam terlebih dahulu. Dalam air rebusan bisa juga ditambahkan berbagai macam sayuran untuk menambah rasa.
      Selamat mencoba.

      Hapus