Senin, 19 Desember 2011

Manfaat Kayu Manis (Cinnamon)

Kayu manis atau bisa disebut dengan Cinnamon dalam bahasa inggris, merupakan salah satu tumbuhan rempah-rempah yang bisa dipakai dalam pembuatan masakan tertentu. Memiliki aroma yang khas yaitu sedikit pedas dan manis, kayu manis sangat banyak digunakan dalam dunia kuliner. Khususnya dalam pembuatan kue atau cake, kayu manis  banyak digunakan oleh para tukang masak untuk menambah aroma atau menambah kenikmatan pada kue yang akan disajikan.
Salah satu contoh jenis makanan yang wajib menggunakan kayumanis adalah Apple Pie. Heemm… siapa yang belum pernah mencoba apple pie? Apple pie yang sempurna  menggunakan kayu manis dalam pembuatannya karena dapat mengurangi rasa 'nek' setelah dikonsumsi.

Batang kayu manis


Kayu manis sangat gampang ditemui terutama di toko-toko atau minimarket dengan harga yang relatif murah. Dapat berupa serbuk (cinnamon powder) maupun masih berupa batangan (cinnamon stick). Disamping sebagai penyedap atau penambah rasa dan aroma makanan, ternyata kayumanis banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan kita.

Pengalaman sendiri.
Beberapa bulan yang lalu istri saya setelah bangun tidur merasakan sakit dikepalanya, sehingga tidak dapat pergi bekerja.Kemudian dibelikan obat sakit kepala biasa di warung terdekat, namun  sore harinya sakit kepalanya bertambah parah dan disertai dengan perasaan berputar-putar dan disertai mual serta pandangan . Karena kondisinya memburuk, akhirnya saya mengantarnya ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Setelah diperiksa dan di scan oleh dokter spesialis saraf, akhirnya didiagnosis mengidap Vertigo. Kemudian istri saya dikasih injeksi  dan beberapa obat untuk meredakan sakit tersebut.Dan atas saran dokter , istri saya harus istirahat total. Tidak boleh melakukan aktivitas yang berat- berat dan cuma berbaring ditempat tidur. Setelah hari ketiga, namun tidak terjadi perubahan yang berarti. Kami kembali kedokter dan istri saya dikasih injeksi dan obat lagi.
Setelah itu saya mencoba mencari informasi di internet tentang Vertigo, dan akhirnya saya menemukan khasiat dari kayu manis untuk meringankan penyakit  vertigo ini. Cukup merebus batang kayu manis dengan air panas sampai warna airnya kecoklatan, kemudian diminum sebanyak 3 kali sehari. Akhirnya setelah 2 hari diminum terus-menerus, Istri saya sudah merasa lebih baik. Dan setelah satu minggu sudah bisa kembali bekerja. Dan sampai sekarang kami masih rajin mengkonsumsi air rebusan kayu manis. Dengan dicampur dengan sedikit madu akan membuat rasanya lebih nikmat.

Manfaat Kayu Manis.
  • Memperlancar peredaran darah dan menurunkan koresterol dalam darah, sehingga dapat mencegah sakit kepala dan vertigo.
  • Dapat mengurangi rasa kelelahan. Cukup direbus dan dicampur dengan sedikit madu.
  • Menghilangkan sakit perut dan kembung. Direbus bersama dengan jahe, kemudian dicampur dengan madu.





2 komentar: