Rabu, 07 Maret 2012

Manfaat Bawang Putih

Bawang putih atau bisa juga disebut dengan garlic dalam bahasa Inggris, merupakan salah satu rempah-rempah yang dipakai dalam memasak. Apakah itu jenis makanan Eropa, Amerika maupaun Asia khususnya makanan Indonesia, kebanyakan menggunakan bawang putih dalam setiap resepnya.
Baik itu melalui proses dimasak seperti ditumis maupun digoreng terlebih dahulu,  maupun dimakan mentah-mentah. Salah satu contohnya yaitu bawang putih cukup dicincang halus kemudian dipakai sebagai bahan dressing dan dicampur dengan berbagai jenis salad.
Bawang putih cukup ditumis beberapa detik saja akan dapat memberikan aroma yang khas pada masakan kita. Sehingga meningkatkan kelezatan makanan yang kita masak.


Bawang Putih


Beberapa contoh resep yang menggunakan bawang putih atau garlic:
  • Garlic Bread.
Biasanya dihidangkan bersama-sama dengan berbagai jenis Soup maupun Pasta. Bawang putih cukup dicincang halus kemudian dicampur dengan butter/ mentega , lalu dioleskan diatas sepotong roti kemudian dipanggang.
  • Creamy Garlic Sauce.
Yaitu sauce yang digunakan untuk berbagai jenis daging, contohnya Beef Steak.
  • Spaghetti Olio Aglio.
Merupakan salah satu resep spaghetti yang terkenal di Italy, menggunakan bahan utama bawang putih yang diiris, minyak Zaitun/ olive oil dan spaghetti al dente.

Tahukah anda, disamping untuk menambah kelezatan suatu masakan bawang putih juga bermanfaat bagi kesehatan?

Beberapa sumber mengatakan bahwa bila kita rajin mengkonsumsi bawang putih, maka kesehatan kita akan tetap terjaga. Karena bawang putih mengandung banyak antioksidan dan sebagai antibiotik bagi tubuh.

 Beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan yaitu :
  • Ampuh mengurangi infeksi seperti pada bisul, jerawat dan kelilipan pada kelopak mata. Bawang putih cukup dikupas dan dipotong ujungnya kemudian dioleskan secara teratur pada permukaan yang sakit. (Ini sudah sering saya praktekkan sendiri).
  • Mengurangi gejala sakit flu dan batuk. Bawang putih dicincang halus kemudian dicampur dalam susu atau teh hangat, kemudian diminum secara teratur.
  • Beberapa pakar menyatakan bawang putih juga dapat mencegah dan meringankan penyakit berat seperti kanker, penyakit jantung dan dapat menurunkan kandungan kolesterol dalam darah.

Tips :
Bawang putih mempunyai rasa dan aroma yang tajam. Bila anda merasa tidak kuat mengkonsumsinya dalam keadaan mentah. Maka cukup dijadikan bahan utama dalam makanan kita, seperti beberapa conyoh resep diatas.

Semoga bermanfaat...


1 komentar:

  1. terima kasih atas tipsnya pak. saya kopas boleh ya pak.

    BalasHapus