Sabtu, 21 Januari 2012

Tips Menyimpan Bahan Makanan dalam Lemari Es

Pada artikel lalu telah saya jelaskan mengenai cara menyimpan bahan makanan, dimana penggolongannya dapat dibagi menjadi tiga bagian. Dalam kesempatan ini saya akan menjelaskan mengenai tips menyimpan bahan makanan dalam lemari es atau juga disebut dengan refrigerator.
Setiap keluarga di Indonesia kebanyakan sudah memiliki sebuah lemari es dalam rumahnya yang tentunya berfungsi untuk menyimpan makanan dan minuman, baik itu yang sudah siap dikonsumsi maupun yang masih berupa bahan mentah. Untuk itulah pentingnya kita mengetahui  tips atau cara menyimpan bahan makanan dalam lemari es untuk menjamin kesehatan bagi keluarga bila mengkonsumsinya.

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah bahan makanan mentah, karena bahan mentah tersebut sangat rentan sebagai tempat berkembangnya bakteri atau mikroorganisme. Disamping itu dapat mengakibatkan kontaminasi silang dengan makanan atau minuman yang siap dikonsumsi, sehingga berbahaya bagi tubuh kita bila mengkonsumsinya. Bukan hanya bahan yang mentah saja rentan terhadap bakteri, namun bahan yang sudah dimasakpun masih berpeluang untuk itu.

Makanan ini juga bisa disebut dengan istilah Perishable Food, diantaranya :
  • Daging dan semua produk yang terbuat dari daging, seperti daging unggas, daging sapi, dll.
  • Telur dan semua produk yang terbuat dari telur.
  • Jenis ikan dan seafood.
  • Susu dan produknya.
  • Cream pastry dan Custard.
  • Dressing dan bahan salad seperti tomat, kentang yang sudah matang.
  • Nasi dan berbagai jenis pasta yang sudah dimasak.

Beberapa tips mengenai cara menyimpan bahan makanan dalam lemari es :
  • Suhu minimumnya adalah 4'C dan harus dijaga agar jangan melebihi suhu tersebut. Karena dibawah suhu tersebut bakteri tidak akan bisa berkembang.
  • Penyimpanan bahan makanan mentah harus di jauhkan dari  makanan yang siap dimakan, untuk mencegah terjadinya kontaminasi silang.
  • Urutan penyimpanan yang benar dari bawah keatas yaitu yang paling bawah adalah telur dan daging mentah, kemudian diikuti dengan yang lainnya.
  • Semua makanan yang disimpan dalam refrigerator harus dalam keadaan tertutup. Misalnya dibungkus dengan pelastik untuk setiap bahan.
  • Makanan yang disimpan harus diberi keterangan (nama makanan,tanggal disimpan). Dan maksimum penyimpanan adalah 6 hari, setelah itu harus dibuang.
  • Dilarang menyimpan makanan yang masih dalam kaleng di dalam refrigerator. Karena kaleng dapat menyebabkan karat.
  • Dilarang menyimpan makanan yang masih panas. Karena dapat menurunkan kinerja dari lemari es itu sendiri, sehingga dapat mempercepat kerusakan lemari es.
  • Dilarang menyimpan bahan yang masih berada dalam kardus. Karena kardus berpeluang menyebabkan kontaminasi silang.
  • Lemari es harus rutin dibersihkan minimal sekali seminggu.

Demikian beberapa tips menyimpan bahan makanan dalam lemari es, agar makanan tetap awet dan aman dikonsumsi .
Semoga bermanfaat.

6 komentar:

  1. biasanya kan kalau di lemari es baunya suka campur aduk, terus make penghilang bau lemari es, apakah itu berbahaya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah disinggung diatas:
      Semua makanan yang disimpan dalam refrigerator harus dalam keadaan tertutup. Misalnya dibungkus dengan pelastik untuk setiap bahan yang berbeda, salah satu tujuannya adalah supaya baunya tidak menyebar.
      Tapi menurut saya, kalau menggunakan penghilang bau lemari es yang terbuat dari zat kimia tentu berbahaya. Boleh juga menggunakan yang alami, contohnya dengan menaruh juice lemon dalam kapas kemudian diletakkan dalam kulkas...
      Terimakasih sudah berkunjung..

      Hapus
  2. heem baru tahu tidak boleh menyimpan makanan dalam kaleng di freser. kalau meletakkan minuman atau makanan dalam kaleng di pintu lemari es boleh gak yach?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Freezer fungsinya menyimpan makanan dalam keadaan beku.
      Refrigerator atau lemari pendingin fungsinya menyimpan makanan dalam keadaan dingin.
      Sehingga lemari Es atau kulkas(yg dua pintu)memiliki 2 fungsi tersebut.
      Sebenarnya tidak boleh menyimpan makanan dan minuman kalengan dalam kulkas, apalagi terdapat banyak makanan yang lainnya dalam kulkas tsb.
      Terimakasih sudah berkunjung..

      Hapus
  3. informatif mas gede... kunjungan balasan nih...

    jangan lupa ikuti event Pasang Peta

    Berhadiahnya ya


    salam bahagia

    BalasHapus