Sabtu, 12 Januari 2013

Manfaat buah Mangga bagi Kesehatan


Siapa yang tidak kenal buah mangga? Mangga merupakan salah satu jenis buah yang dapat tumbuh di daerah tropis. Memiliki daging tebal dan berwarna kekuningan sampai kemerahan kalau sudah matang.
Daging buahnya terasa manis namun agak keasaman dan banyak mengandung serat alami, kaya akan vitamin dan mineral yang sangat di butuhkan oleh tubuh kita.


Berikut manfaat mangga bagi tubuh manusia:
  • Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dan memberi energi pada tubuh sebelum beraktivitas sehari-hari, sehingga cocok dikonsumsi untuk sarapan pagi. Bisa di makan dalam keadaan masih segar, atau diolah terlebih dahulu menjadi juice mangga atau dibuat menjadi fruits yoghurt .
  • Kaya akan serat, bila dikonsumsi secara teratur dapat melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.
  • Membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, disamping mengandung serat tinggi. Mangga juga kaya akan vitamin C.
  • Buah mangga mengandung banyak vitamin A, B , dan C. Sehingga sangat bermanfaat sebagai anti oksidan atau meningkatkan kekebalan tubuh  agar tubuh tetap sehat dan fit untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.
  • Menjaga kesehatan mata karena mangga mengandung vitamin A dan betakaroten  yang tinggi.
  • Baik untuk menjaga kesehatan tulang, karena mengandung banyak kalsium. Disamping itu juga banyak mengandung  Kalium, magnesium, seng, fosfor, sehingga  cocok dikonsumsi bagi anak -anak yang masih dalam masa pertumbuhan.
Dalam dunia kuliner, mangga juga dapat diolah menjadi makanan yang enak dan tentunya menyehatkan. Seperti :
  • Fruits Yoghurt, cocok untuk sarapan pagi. Bisa dicampur dengan buah-buahan yang lain, kemudian ditambahkan plain yoghurt dan sedikit madu. Anak-anak pun pasti sangat menyukainya, sehingga cocok diberikan sebelum mereka beraktivitas atau sebelum berangkat ke sekolah.
  • Fruits Salad, atau di Indonesia dapat disebut dengan Rujak. Karena memiliki rasa sedikit asam, sehingga cocok dihidangkan sebagai makanan pembuka atau appetizer. Selengkapnya mengenai fruits salad dapat dilihat di http://gedekaz.blogspot.com/2011/08/fruit-salad.html
  • Diolah menjadi sambal, cocok untuk makanan laut atau seafood. 

Nilai Kandungan gizi Mangga per 100 gram : 
 Energi 272 kJ (65 kcal),Karbohidrat 17,00 g, Gula 14,8 g, Diet serat 1,8 g, Lemak 0,27 g, Protein 0,51 g, Vitamin A equiv. 38 mg (4%), Beta-karoten 445 mg (4%), Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%), Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%), Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%), Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%), Vitamin B6 0,134 mg (10%), Folat (Vit. B9) 14 mg (4%), Vitamin C 27,7 mg (46%), Kalsium 10 mg (1%), Besi 0,13 mg (1%), Magnesium 9 mg (2%), Fosfor 11 mg (2%), Kalium 156 mg (3%), Seng 0,04 mg (0%).
Sumber data : Wikipidia.

Demikian sedikit saya ulas  tentang buah mangga dan manfaatnya bagi tubuh, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar