Kamis, 31 Januari 2013

Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan



Buah Naga atau Dragon Fruit merupakan buah yang dihasilkan dari tanaman berjenis kaktus. Berasal dari benua Amerika , namun seiring waktu akhirnya berkembang ke Asia dan sampai ke Indonesia. Buah naga memiliki ciri fisik yaitu kulitnya bersisik seperti naga, memiliki daging yang lembut dan memiliki biji-biji yang kecil. Terdapat 2 jenis dagingnya yaitu ada yang berwarna putih dan ada yang berwarna merah.

Buah Naga


Buah naga memiliki rasa yang manis dan mengandung banyak air sehingga cocok dikonsumsi  untuk menghilangkan rasa haus dalam cuaca panas seperti sekarang ini. Namun demikian buah naga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bila dikonsumsi secara teratur. Setelah membaca dari berbagai sumber, berikut manfaat buah naga bagi kesehatan:

  • Buah naga kaya akan vitamin C, sehingga sangat berguna untuk menjaga kekebalan tubuh. Juga membantu dalam proses penyembuhan luka atau setelah menderita sakit.Sehingga kondisi tubuh cepat kembali seperti semula.
  • Banyak yang mengatakan buah naga merupakan sumber antioksidan alami bagi tubuh. Dapat menetralkan racun atau radikal bebas yang masuk kedalam tubuh.Sehingga sangat cocok bagi perokok, karena rokok banyak mengandung racun dan radikal bebas yang dapat merugikan kesehatan kita.
  •  Kaya akan Vitamin B terutama B1, B2, B3, yang  dapat memulihkan nafsu makan dan memperlancar metabolisme tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh sehari-hari. Sehingga tetap fit dalam beraktifitas.
  • Sangat cocok dikonsumsi bagi anak-anak , karena buah naga banyak mengandung kalsium dan fosfor. Sangat bermanfaat dalam membantu pertumbuhan dan menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  • Buah naga kaya akan serat alami, sangat membantu dalam proses pencernaan tubuh. Dapat menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam darah. Sehingga cocok dikonsumsi untuk menurunkan berat badan, atau bagi mereka yang sedang menjalankan program diet.

Demikian beberapa manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh kita. Cukup dimakan mentah atau dibuat juice, maka anda dapat memperoleh khasiatnya. Namun jika cukup waktu, daging buah naga dapat anda olah menjadi menu makanan untuk keluarga sebagai menu sarapan pagi maupun hidangan penutup/dessert yang menarik.
Selamat mencoba.

Referensi : Wikipidia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar